Your Ad Here
Domain Untuk Bisnis Internet

Domain merupakan alamat website kita di internet. Setiap orang yang akan mengakses ke website kita, mereka perlu mengetikkan nama domain Anda. Karena itu, domain merupakan suatu hal yang penting, terutama memilih nama domain yang tepat untuk usaha atau bisnis Anda di Internet.

Pendaftaran nama domain di internet sangat mudah, Anda bisa membeli domain melalui website atau perusahaan yang menyediakan jasa registrasi domain, contohnya di domain murah. Anda tinggal masukkan nama domain pada kotak lalu klik search untuk mengecek domain tersebut masih tersedia atau tidak. Bila masih tersedia dan nama domainnya cocok, Anda tinggal mendaftarkannya.



Dalam sebuah domain memuat nama domain dan extension domain tersebut (akhiran domain) seperti .com, .net, .org, .biz, .info, dan seterusnya. Jadi bila Anda akan membeli domain contoh bisnisinternet.com dan sudah diregistrasi oleh orang lain, Anda bisa pilih yang .net (bisnisinternet.net) dan seterusnya. Memang dalam memilih nama sebuah domain diusahakan untuk mendapatkan nama domain dengan akhiran .com , alasannya salah satunya adalah domain .com lebih dikenal semua orang dan merupakan top level domain.

Dalam Membeli domain ini, Anda bisa membeli baru, membeli dari orang atau membeli domain yang sudah lewat masa expirednya.

* Pada umumnya orang membeli domain baru dengan cara mengeceknya di website atau perusahaan yang menyediakan jasa registrasi domain. Dan bisa langsung mendaftarkannya

* Pilihan kedua ini, bila domain yang ingin digunakan sudah didaftarkan oleh orang lain, Anda bisa mengeceknya apakah pemilik websitenya menggunakan domainnya atau tidak dan Anda bisa bertanya apakah ia mau menjualnya atau tidak.

* Dan yang terakhir membeli domain yang sudah lewat masa expirednya. Perpanjangan sebuah nama domain dilakukan pertahun, jadi agar domain bisa digunakan, perlu diperpanjang setiap tahun. Ada yang memperpanjangnya setahun sekali dan bisa juga langsung bertahun-tahun langsung seperti 5 tahun atau 10 tahun, dst. Dan bila domain tidak diperpanjang, maka domain akan memasuki masa expired. Bila sesudah memasuki masa expired, maka kurang lebih 3 bulan atau 100 hari sejak masa expired maka domain akan terbuka bebas dan bisa didaftarkan kembali oleh pemilik yang baru. Tapi bila nama domainnya bagus, Anda bisa menggunakan fasilitas backorder dari website yang menyediakan jasa registrasi domain seperti godaddy.com. Dengan adanya backorder, maka domain bisa dibeli sebelum domain dibuka bebas kembali ke umum. Bulan kemaren saya mengincar nama domain yang sudah dalam masa expired tapi tidak menggunakan backorder, tapi terlepas karena orang lain terlebih dahulu mendaftarkannya (tidak tahu ada orang yang mengincar nama domain itu juga).

Tahun demi tahun kedepan, nama domain akan semakin penting karena semakin banyak orang go online, maka adanya keterbatasan untuk mendapatkan nama domain yang diinginkan terutama domain akhiran .com , karena itu bila saat ini Anda memang sudah ada usaha yang berhubungan, tidak ada salahnya membeli nama domainnya dulu.

Untuk SEO, nama domain pun memegang peranan penting. Biasanya website yang memiliki nama domain dan didalamnya memuat keyword, maka website tersebut cenderung akan tampil di halaman pertama google untuk keyword dalam domain tersebut tanpa harus banyak sudah payah melakukan SEO.

Kesimpulannya adalah:
Memilih nama domain sangat penting untuk pemasaran di internet. Pilih nama domain yang mengandung keyword di dalamnya, akan memudahkan website tersebut terindex di kata pencarian yang sesuai dengan nama domainnya. Dan dengan berjalannya waktu dan perkembangan bisnis di internet, semakin banyak yang go online dan nama domain yang bagus akan semakin jarang dan sulit didapat. Tidak ada salahnya bila sudah ada planning bisnis di internet, segera membeli domain untuk website Anda nantinya.

1 Response

Posting Komentar